manajemen hubungan masyarakat

MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT

Manajemen hubungan masyarakat sekolah, meliputi:

v  Melakukan komunikasi yang efektif dengan masyarakat

Komunikasi pihak sekolah dengan masyarakat biasanya terwujud dalam rapat pihak sekolah dengan wali murid serta ada even-even tertentu yang kadang di muat dalam surat kabar (jawa pos) agar masyarakat dapat mengetahui kegiatan-kegiatan di SMP ta’miriyah Surabaya.

v  Mengidentifikasi orang-orang kunci (key people) guna meningkatkan partisipasi masyarakat

Biasanya pihak sekolah dalam 6 bulan sekali mengundang wali murid/orang-orang kunci untuk memberikan materi ataupun penyuluhan pada awal ajaran baru dan pada saat kenaikan kelas

v  Melibatkan orang-orang kunci dalam kegiatan sekolah

Untuk melibatkan orang-orang kunci/wali murid yang berkompeten biasanya disesuaikan dengan jadwal kegiatan di SMP ta’miriyah, seperti kata pak ma’shum pada saat bulan ramadhan, untuk wali murid perempuan ada yang menjadi dokter, beliau di undang untuk menjadi pembicara materi tentang kawanitaan, dan begitupun dengan wali murid yang bekerja di bidang hukum maka di undang untuk menjadi pembicara dalam kajian tentang hukum jadi untuk melibatkan orang-orang kunci ini pihak sekolah menyesuaikan dengan bidang masing-masing.

v  Memilih saat yang tepat

Saat untuk mengundang wali murid dalam pelaksanaan program/kegiatan sekolah disesuaikan pada waktu kenaikan kelas dan tahun ajaran baru, saat itu juga akan ada sosialisasi untuk pihak wali murid jika sekolah mempunyai program baru.

v  Meningkatkan minat partisipasi masyarakat

menarik partisipasi masyarakat ini sekolah biasanya memberitahukan masyarakat mengenai program-program sekolah, baik yang telah dilaksanakan, yang sedang dilaksanakan, maupun yang akan dilaksanakan sehingga masyarakat mendapat gambaran yang jelas tentang SMP Ta’miriyah Surabaya.

v  Melaksanakan program kemasyarakatan, saparti kebersihan lingkungan guna menumbuhkan simpati masyarakat

Untuk melaksanakan program kemasyarakat ini sekolah biasanya mengadakan kegiatan bakti masyarakat yang dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun SMP Ta’miriyah Surabaya, dan pada waktu ramadhan tiba maka murid-murid bersama guru mata pelajaran dan wali kelas ke mushola-mushola untuk menyumbangkan fasilitas ataupun sekedar untuk sosialisasi SMP Ta’miriyah.

v  Open house

Home visit ini dilakukan untuk mengetahui latar belakang peserta didik, agar pihak sekolah juga mempunyai tanggung jawab dalam pengembangan murid bagi masyarakat dan meminta keluarga juga turut berpartisipasi untuk kemajuan belajar siswa, home visit ini biasanya dilakukan oleh BK, yaitu ibu Yunita dan wali kelas.

v  Buletin sekolah

Buletin sekolah ada 2 yaitu buletin jum’at dan INAYAH, untuk yang INAYAH biasanya terbit setiap 6 bulan sekali, sedangkan bulletin jum’at terbit setiap jum’at.

Di buletin jum’at ini biasanya ada kolom yang digunakan untuk meng-update informasi bagi para pembacanya, misalnya jika bertepatan dengan tahun ajaran baru, maka di bagian belakang aka nada informasi tentang penerimaan siswa baru, jika bertepatan dengan piala dunia maka akan ada informasi tentang jadwal piala dunia, ataupun untuk ucapan misalnya selamat dan sukses atas terpilihnya gubernur jawa timur.

v  Mengundang tokoh masyarakat menjadi pembicara dan Pembina

Daalm hal ini biasanya pada saat-saat tertentu sekolah mengadakan acara yang masih jarang dalam wawasan masyarakat misalnya, dulu waktu belum ada pembahasan yang mengupas tentang penyakit AIDS pihak sekolah mengundang TVRI untuk mengupasnya dengan pihak sekolah, dan acara itu ternyata banyak peminatnya sehingga di siarkan 3 stasiun televisi.

v  Membuat program kerja sama dengan masyarakat

Kerja sama ini yang di lakukan oleh pihak sekolah biasanya sengan sampoerna, untuk menunjang kesuksesan program yang telah direncanakan

v  Membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dengan pendidikan

v  Bersama orang tua dan masyarakat menentukan nilai KKM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: